ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA KALIBRASI PT. INDRALOKA KABUPATEN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.119Keywords:
Analisis Kelayakan, Kalibrasi, SWOT, Pengembangan Usaha, Strategi PemasaranAbstract
Kalibrasi adalah sebuah cara untuk medeteksi dan mengukur akurasi sebuah alat ukur dengan cara membandingkan sebuah alat ukur dengan instrumen standar. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperlihatkan kelayakan pakai sebuah alat. Alat dikatakan layak apabila hasil ukur kalibrasi menunjukkan hasil yang sesuai dengan Standar Internasional (SI). Meskipun pasar kalibrasi yang ada cukup besar, namun potensi untuk pengembangan bisnis masih sangat terbuka lebar. Oleh karena itu, penting untuk melakukan feasibility analysis sebelum memutuskan untuk mengembangkan usaha kalibrasi. Metode yang digunakan dalam analisis kelayakan pengembangan usaha kalibrasi meliputi metode analisis kelayakan, teknik pengumpulan data, alat dan bahan yang diperlukan. Artikel ini akan membahas tentang definisi kalibrasi, fungsi kalibrasi, jenis kalibrasi, metode analisis kelayakan, teknik pengumpulan data, alat dan bahan yang diperlukan, analisis SWOT, analisis kelayakan finansial, analisis pasar, dan analisis potensi pelanggan. Fungsi dari kalibrasi adalah untuk memastikan bahwa alat ukur memberikan hasil yang akurat dan konsisten. Kalibrasi juga membantu mengidentifikasi masalah dengan alat ukur dan memperbaikinya sebelum menghasilkan kesalahan yang significant.