PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH INOVASI LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK PERTANIAN
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.136Keywords:
Inovasi Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kepuasan pelanggan dalam memediasi pengaruh inovasi layanan dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk pertanian. Objek pada penelitian ini adalah pelanggan Tanihub Bali dengan populasi sebanyak 130 orang yang bertempat tinggal di Denpasar dan Badung dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner berisi pertanyaan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Selanjutnya kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sekaligus juga dapat memediasi secara partial hubungan antara inovasi layanan terhadap loyalitas pelanggan dan memediasi kualitas produk secara partial terhadap loyalitas pelanggan Tanihub Bali