REFORMULASI STRATEGI BISNIS COFFEE SHOP MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN SWOT
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.208Keywords:
Business Model Canvas, Coffee Shop, Reformulasi, SWOTAbstract
Perkembangan coffee shop yang pesat tidak diiringi dengan formulasi strategi bisnis, sehingga banyak pelaku bisnis yang harus gulung tikar karena kurang baiknya manajemen usaha dalam menjalankan bisnis. Artikel ini bertujuan untuk melakukan formulasi ulang (reformulasi) strategi bisnis coffee shop dengan menggunakan Business Model Canvas dan SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat postpositivisme. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan, pengumpulan data sekunder menggunakan library research. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian merekomendasikan pada coffee shop untuk mereformulasi strategi bisnis dengan menggunakan strategi turn around, untuk membantu bisnis coffee shop yang mengalami permasalahan dalam peningkatan dan pengembangan usahanya, karena ketatnya persaingan pada usaha sejenis di sekitar lokasi.