STRATEGI PENGEMBANGAN FESTIVAL BUDAYA PACU JALUR MENUJU EVENT NASIONAL DI KUANTAN SINGINGI RIAU

Authors

  • Hasvina Intansari Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.212

Keywords:

Pacu Jalur, Strategi Pengembangan

Abstract

Kuantan Singingi merupakan kabupaten yang ada di Riau, yang mempunyai wisata unggulan yaitu pacu jalur yang diselenggarakan pada bulan Agustus untuk memperinggati Kemerdekaan Republik Indoneisa. Pacu Jalur merupakan perlombaan dayung tradisional yang menggunakan perahu dari kayu gelondongan, alias kayu utuh tanpa sambungan. pacu jalur tidak masuk kedalam kalender pariwisata nasional karena minimnya jumlah wisatawan mancanegara dan rendahnya nilai komersial pada event tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi yang digunakan dalam pemasaran wisata pacu jalur dengan menggunakan promosi media sosial (melalui Web, Youtube, Facebook, Istagram dll), Pemerintah Daerah juga harus menyediakan fasilitas penujang seperti Buatlah paket wisata yang menarik yang berisikan harga tiket, transportasi, makan minum dan kriteria lain yang menggiurkan untuk dibeli. Cara ini lebih mudah membuat fitur dalam wisata terjual dan dikenal oleh pengunjungnya, fasilitas terlihat untuk menyediakan fasilitas berupa taman bermain anak, kamar mandi, toilet, akses gerbang masuk dan keluar yang tepat. buat lah kesan branding yang menarik, menggadakan seminar tentang pacu jalur, sering mengadakan pameran-pameran tentang pacu jalur agar para wisatawan baik lokal maupun mancanegara mau berkunjung dan menetapkan tanggal tetap  dalam mengadakan event pacu jalur, agar wisatawan sudah ada rencana akan melihat kemeriahannya. Adapun yang menghambat kelancaran wisata pacu jalur ini adalah tentang ketersedian dana dan SDM.

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Intansari, H. . (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN FESTIVAL BUDAYA PACU JALUR MENUJU EVENT NASIONAL DI KUANTAN SINGINGI RIAU. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 109–119. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.212

Issue

Section

Articles