STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS HOSTEL WHITE PENNY DALAM MEMBANGUN CITRA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.220Keywords:
Strategi, Marketing Public Relations, White Penny, CitraAbstract
Hostel White Penny merupakan hostel yang baru berdiri pada Agustus 2022. Sebagai hostel yang baru berdiri, hostel White Penny menyadari arti pentingnya citra dan hendak membentuk citra yang favorable di mata khalayak. Penelitian ini menganalisis bagaimana strategi Marketing Public Relations (MPR) hostel White Penny dalam membangun citra berdasarkan three ways strategy dari Thomas L. Harris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan atau pengumpulan data dengan teknik wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data utama observasi yang pasif (passive participation), wawancara mendalam (in dept interview), observasi wawancara, dokumentasi, dan gabungan/triangulasi. Strategi MPR yang dijalankan oleh hostel White Penny yakni three ways strategy dapat dikatakan berhasil membangun citra positif. Keberhasilan dari push strategy dapat dilihat dari data peningkatan hunian hostel White Penny. Keberhasilan Pull Strategy dapat dilihat dari banyaknya ulasan positif pada seluruh platform hostel White Penny seperti google review, komentar sosial media. Pass Strategy dapat dilihat dari dibangunnya cafe and bar hostel White Penny dan dari stabilnya tingkat kunjungan bahkan meningkat. Hostel White Penny telah menggunakan sebagian dari strategi Marketing Public Relations yang disampaikan oleh Thomas L. Harris yakni push, pull, pass atau three ways strategy dalam membangun citranya.