PENGARUH TERPAAN AKUN TIKTOK @UNIVERSITAS.SAHID SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP CITRA UNIVERSITAS DI KALANGAN FOLLOWERS
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.234Keywords:
TikTok, Citra Universitas, Followers, Media PromosiAbstract
Akun TikTok @Universitas.sahid sebagai alat untuk mempromosikan Universitas agar membuat orang tertarik untuk mengetahui seputar Universitas Sahid serta apa saja yang terdapat didalamnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait dengan pengaruh terpaan akun tiktok @Universitas.sahid sebagai media promosi terhadap citra universitas di kalangan followers. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel berdasarkan penelitian ini adalah teknik purposive sampling dimana jumlah sampel yang digunakan adalah 100. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji koefisien korelasi (R) antara variabel X yaitu pengaruh terpaan akun TikTok@Universitas.sahid dengan variabel Y yaitu citra Universitas di dapat sebesar 0,874 dan koefisien determinasi R 0,781 Square (R) sebesar 0,610 atau 61%. Hal ini berarti akun TikTok @Universitas.sahid memiliki pengaruh yang cukup berarti terhadap citra Universitas. Nilai pengaruh terpaan akun TikTok@Universitas.sahid (Variabel X) tidak mengalami perubahan, maka citra Universitas (Variabel Y) bernilai 1.484. Dikarenakan hasil "b" positif (+), maka angka variabel citrsa Universitas naik sebesar 0,208. Sehingga dapat disimpulkan semakin naik pengaruh terpaan akun TikTok @Universitas.sahid maka dapat mempengaruhi citra Universitas.