PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA PELATIHAN BLKK ADEMOS INDONESIA

Authors

  • Siti Nur Afrohk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Lismuayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • M.Jauharul Ma’arif Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Firnanda Meilina F Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Achmad Rony Baihaqi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Ogik Kristian Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.244

Keywords:

Motivasi Belajar, BLKK Ademos Indonesia, Kompetensi

Abstract

Salah satu faktor terpenting yang menjadi komponen pelaksanaan kerja yang serta berperan menentukan tumbuh dan berkembangnya sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia. Adanya Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK)  Ademos Indonesia sebagai wadah yang memiliki kepedulian sosial tinggi yang dibentuk untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada disekitarnya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik analisis data berupa kuesioner. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa masing-masing variabel berupa Motivasi Belajar dan Keterampilan mempunyai pengaruh pada pencapaian kompetensi. Hal ini berarti berbaikan motivasi belajaran dan keterampilan pada peserta BLKK Ademos Indonesia akan meningkatkan hinggap pencapaian kompetensi yang diinginkan sudah tercapai. Masing-masing indikator berpengaruh positif pada tahap awal proses peletihan pada peserta didik, terbukti dari hasil r hitung sebesar 0,851 dan untuk N=30 r Tabel sebesar 0,1841 dengan signifikansi sebesar 0,05.

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Siti Nur Afrohk, Lismuayati, M.Jauharul Ma’arif, Firnanda Meilina F, Achmad Rony Baihaqi, & Ogik Kristian Putra. (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA PELATIHAN BLKK ADEMOS INDONESIA. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 387–393. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.244

Issue

Section

Articles