ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA MEDIA SOSIAL WIRAUSAHA KULINER DI WILAYAH JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.253Keywords:
UMKM, Media Sosial, TAM, Wirausaha Kuliner, Jakarta SelatanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Technology Acceptance Model (TAM) pada media sosial wirausaha kuliner di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling dimana terdapat beberapa kriteria yang telah dipilih oleh peneliti dalam memilih sampel dengan jumlah sampel sebanyak 183 UKM. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang akan disebar kepada pelaku usaha menggunakan google form dan hasil dari kuesioner akan diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil dan pembahasan, terdapat lima dimensi yang diukur yaitu Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Social Influence, Attitude Towards Using dan Actual Usage serta menganalisis pengaruh kelima dimensi tersebut terhadap Intention to Use, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: a) Actual Usage tidak berpengaruh terhadap Intention to Use; b) Attitude Towards Using memberikan pengaruh 16,0% terhadap Intention to Use; c) Perceived Ease of Use tidak berpengaruh terhadap Intention to Use; d) Perceived Usefulness tidak berpengaruh terhadap Intention to Use; e) Social Influence berpengaruh terhadap Intention to Use sebesar 54,1%