DESAIN FORMULASI STRATEGI BISNIS BERBASIS MATRIKS SWOT DAN IFAS-EFAS PADA CAFÉ SEJATI COFFEE AND SPACE SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.258Keywords:
Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks IFAS, EFAS, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain perencanaan strategik bisnis, yang dapat direalisasikan oleh café sejati coffee and space Subang, menggunakan metode analaisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). metode penelitian ini menggunakan Jenis deskriptif kualitatif dengan analisis strategi menggunakan matriks IFAS dan EFAS, matriks IE, matriks SWOT, Hasil penelitian menunjukan bahwa café sejati cofee subang, ada berada di posisi yang cukup kuat dalam mengoptimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki dan mampu mengatasi ancaman dan kelemahan dengna nilai IFE 342.75 dan nilai dari EFE sebesar 272. Dalam analisii matriks IFAS dan EFAS menunjukan bahwa café sejati coffee and space menggunakan strategi pertumbuhan cel 1, strategi yang berorientasi meningkatkan pertumbuhan pasar, dengan memperkuat branding dan diferensiasi dan peningkatan kualitas pelayanan pelanggan, diharpakan dapat meninkatkan pertumbuhan jumlah pelanggan di subang, analisi matriks SWOT menghasilakan lima belas strategi alternatif yang dapat diterapkan, strategi yang sebaiknya diprioritaskan oleh café sejati coffee and space Subang dengan adanya memperkuat branding dan peningkatan kualitas pelayanan operasional, yang diharpakan terjadi pertumbuhan pasar di subang.