Ilmu Komunikasi

Akreditasi

Fakultas

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sertifikat akreditasi

Kurikulum

Brosur

Pusat Informasi

Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Komunikasi  adalah studi interdisipliner yang unik karena Program Studi ini mengkaji proses komunikasi manusia mulai dari konseptualisasi ide, penyampaian, pesan yang disampaikan hingga penerimaan pesan secara verbal atau non-verbal. Mahasiswa/i akan belajar tentang bagaimana berkomunikasi secara efektif baik secara langsung (tatap muka) maupun melalui berbagai media (media massa, elektronik, digital, dll). Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Sahid memiiki beberapa piliha konsentrasi, diantaranya :

  1. Public Relations

Pada konsentrasi Public Relations (PR) kamu akan mempelajari bagaimana membentuk dan memelihara citra serta reputasi dalam suatu perusahaan/organisasi di tengah masyarakat. Dimana tugas seorang PR  adalah mengelola hubungan komunikasi antara perusahaan dengan orang – orang di luar perusahaan (eksternal) seperti masyarakat, pemerintah, investor, juga antara perusahaan dengan orang – orang di dalam perusahaan (internal) yaitu karyawan. Konsentrasi ini sangat cocok untuk kamu yang suka tampil dan berinteraksi dengan banyak orang, prodi ini akan melatih kamu untuk menjadi kreatif, aktif dalam pergaulan, aktif dalam sosial media, memiliki rasa percaya diri tinggi, mandiri, serta vokal dan memiliki networking yang sangat luas. Prodi Humas pilihan yang tepat untuk kamu yang aktif, suka berorganisasi, supel dan suka menulis, dan kamu yang memilih prodi ini  memiliki kepribadian yang menyenangkan dan mudah dekat dengan orang.

  1. Marketing Communication

Konsentrasi Marketing communication (Marcomm) atau disebut juga dengan Komunikasi Pemasaran, disini kamu akan mempelajari berbagai strategi mengenai komunikasi produk, organisasi/perusahaan, dan kepada khalayak/individu, bagaimana cara dalam melakukan negosiasi, lobbying dan periklanan, kamu juga  akan belajar teknik berbicara dan menganalisa berbagai faktor dalam pemasaran perusahaan. Memilih konsentrasi ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu, karena disini kamu akan dilatih untuk menjadi kreatif, aktif dalam pergaulan, aktif dalam sosial media, memiliki rasa percaya diri tinggi, mandiri, serta vokal dan memiliki networking yang sangat luas.

  1. Journalism

Journalis merupakan pekerjaan yang keren dan menyenangkan, karena menjadi seorang jurnalis kamu akan lebih up to date terhadap suatu informasi, selain itu kamu akan sering bertemu dengan banyak orang sehingga membuat kamu memiliki networking yang luas. Selain menjadi jurnalis, kamu yang memilih prodi ini juga dapat menjadi news anchor di salah satu stasiun tv. Kamu yang memilih konsentrasi ini akan mempelajari banyak teknik yang berhubungan dengan jurnalistik, seperti mencari berita, menulis berita, meliput berita, menyunting berita dan memproduksi berita yang etis. Mahasiswa dengan prodi harus belajar memperkuat logika dalam membentuk data – data yang kamu dapatkan menjadi suatu tulisan yang berisi informasi yang mudah dicerna dan diterima oleh banyak orang.

Kurikulum

 Kurikulum Public Relations :

  • Digital PR
  • Konsultan PR
  • Manajemen Reputasi
  • Global PR
  • Manajemen Event
  • Wirausaha Komunikasi Industri Pariwisata

 Kurikulum Marketing Communication :

  • Digital Marcomm
  • Periklanan
  • Manajemen Marcomm
  • Konsultan Marcomm
  • IMC/integrated marcom
  • Communication and Branding
  • Wirausaha Komunikasi Industri Pariwisata

 Kurikulum Journalism :

  • Pers Global Kontemporer
  • Manajemen Industri Media
  • Hukum dan Etika Pers
  • Investigative Report
  • News Presenting
  • Wirausaha Komunikasi Industri Pariwisata

Visi Misi

Lead in Communication for a Bright Future” (Unggul di Bidang Komunikasi untuk Masa Depan Gemilang)

VISI

Menjadi Program Studi yang unggul bertaraf nasional dalam bidang komunikasi bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan pada tahun 2026.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang menghasilkan sumberdaya manusia unggul dalam bidang keilmuan komunikasi, dengan fokus pada ilmu jurnalistik, hubungan masyarakat, dan komunikasi pemasaran
  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas dalam rangka pengembangan ilmu komunikasi di bidang jurnalistik, hubungan masyarakat, dan komunikasi pemasaran
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan menumbuh-kembangkan pengetahuan kreatif bagi masyarakat dalam bidang ilmu komunikasi berbasis kewirausahaan dan kepariwisataan.

Kompetensi

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

Aspek SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi sesuai bidang keahliannya berdasarkan kaidah dan etika ilmiah.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk karya ilmiah dan mengunggahnya dalam jurnal ilmiah.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam penyelesaian masalah bidang komunikasi, berdasarkan kajian dan analisis hasil penelitian.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja kelembagaan.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan sesuai tupoksinya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan menengah plagiasi.
  10. Menguasai minimal satu bahasa asing untuk berkomunikasi dengan pemangku kepentingan.

Aspek Pengetahuan

  1. Konsep teoritis Ilmu Komunikasi secara umum, maupun dalam berbagai konteks komunikasi;
  2. Konsep, kaidah, dan proses pengembangan isi pesan untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi menggunakan beragam jenis saluran komunikasi;
  3. Proses penyusunan rencana, implementasi, monitoring dan pengembangan program komunikasi;.
  4. Konsep, kaidah, dan proses penelitian komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi;
  5. Pengetahuan tentang regulasi dan etika terkait bidang komunikasi;
  6. Pemahaman untuk mengolah, menganalisis, serta menggunakan data dan informasi (big data) di dunia digital;
  7. Pemahaman tentang peri kemanusiaan (humanities) dalam berbagai konteks komunikasi;
  8. Berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS), misalnya: komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreatif, logika komputasi, welas asih dan tanggung jawab kewarganegaraan;
  9. Pengetahuan tentang era industri dan perkembangannya, serta persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat kontemporer sesuai dengan kemaslahatan bersama secara lokal, nasional, dan global;
  10. Pengetahuan yang diperoleh di luar program studi melalui program MBKM.

Aspek Keterampilan Khusus

  1. Mampu merencanakan, memroduksi dan mendistribusikan pesan komunikasi untuk berbagai tujuan, menggunakan beragam platform media sesuai norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku;
  2. Mampu melakukan analisis atau kajian terhadap masalah atau isu komunikasi dalam berbagai konteks menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan;
  3. Mampu merencanakan dan melaksanakan suatu program komunikasi secara kolaboratif dan berkelanjutan;
  4. Mampu merencanakan, mewujudkan dan memublikasikan karya komunikasi berbasis data, sebagai bentuk adaptasi terhadap disrupsi digital;
  5. Mampu merencanakan, melaksanakan, melaporkan, dan memublikasikan hasil penelitian komunikasi dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah bidang Ilmu Komunikasi;
  6. Menguasai ketrampilan komunikasi yang mendasar yaitu public speaking dan produksi multimedia.

Aspek Kompetensi Tambahan

  1. Mampu menginternalisasikan nilai-nilai hospitality dalam bidang Kepariwisataan;
  2. Mampu menginternalisasikan nilai-nilai hospitality dalam bidang kewirausahaan;
  3. Mampu mengimplementasikan komunikasi digital dalam bidang kepariwisataan dan kewirausahaan

Prospek Karier

Prospek Karir Public Relations :

  • Pejabat Hubungan Masyarakat
  • Petugas Hubungan Media
  • Perencana Strategis
  • Konsultan Hubungan Masyarakat
  • Juru Bicara
  • Pakar Kampanye
  • Pakar Branding
  • Penyelenggara Acara

Prospek Karir Marketing Communication

  • Spesialis Komunikasi Pemasaran
  • Profesional Hubungan Investor
  • Profesional Hubungan Industrial
  • Spesialis Konsultan Branding
  • Spesialis Komunikasi Merek
  • Spesialis Media Sosial

Prospek Karir Journalism :

  • Industri Penyiaran
  • Konsultan Stasiun Radio
  • Presenter TV
  • Reporter TV/Radio
  • Spesialis Multimedia
  • Spesialis Media Digital

Pimpinan Fakultas

SCOPUS

SINTA

GOOGLE SCHOOLAR

DOSEN TETAP

Ir. Abdul harif Siswanto., M. Si
Fit Yanuar, S. Sos., M. Si
Husen Mony, S.I. K., M. Si

SCOPUS

SINTA

GOOGLE SCHOOLAR

Dra. Nurul Haniza., M. Si
Dr. Daesy Ekayanthi, S. Pd., M. Si

SCOPUS

SINTA

GOOGLE SCHOOLAR

Dr. Hayu Lusianawati, S. TP., M. Si
Dr. Drs. Supriadi., M, Si

Testimonial

FIKOM Usahid sangat mendukung pekerjaan saya sebagai Digital Marketing specialis dan penulis. Jam kuliah yang cocok untuk mahasiswa yang memiliki kesibukan bekerja. Memiliki mata kuliah beragam yang sanagt mendukung untuk praktek langsung di dunia kerja.

TEMILA DWENTY, S.IK
Digial Marketing Specialist, Travel Consultant, penulis

Berkuliah di Universitas Sahid sangat menyenangkan, Banyak cerita dan Kenangan, Tanpa disadari Dosen nya sangat berpengalaman membuat kita tidak hanya mengandalkan teori tetapi lebih mengedepankan praktek. Salah satu hal yang saya perhatikan, beberapa teman dari masa kuliah di S1 pendiam dan takut untuk mengeluarkan pendapat, tetapi setelah memasuki semester III, banyak perubahan yang saya perhatikan, salah satu nya selalu memberikan pendapat dan opini. Beberapa dari mata kuliah Universitas Sahid mampu membuat saya untuk memulai bisnis baru yang sampai sekarang tetap bertahan di pandemi Corona. Satu hal yang selalu memotivasi saya untuk terus maju adalah “Tingkatkan Value Diri kita”, dengan modal itu anda bukan bisa kerja dimana saja, tetapi anda bisa membangun usaha sendiri di bidang yang anda pahami. Makin banyak teman, Makin Banyak Rejeki. Perdalam Komunikasi anda untuk memudahkan pergaulan dengan segala kalangan.

ARNHEZKY MANSYUR,S.IK., M.SI
Enterpreuner, Entertainment, DJ, Public Relations
Scroll to Top