PENGEMBANGAN PAKET DESA WISATA DI KABUPATEN TABANAN, BALI: PENDEKATAN PRODUCT BUNDLING

Authors

  • Nelsye Lumanauw ˡPoliteknik Internasional Bali, Tabanan
  • Gst. Bgs. Wirya Gupta Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali
  • I Made Adi Suwandana Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.106

Keywords:

Desa Wisata, Paket Desa Wisata, Keberlanjutan Pariwisata, Product Bundling

Abstract

Kabupaten Tabanan berupaya menggabungkan potensi pertanian dan pariwisata, sehingga terdapat keragaman daya tarik wisata. Namun demikian, keunikan dan kekhasan desa wisata nyatanya belum mampu menarik wisatawan berkunjung secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan paket desa wisata di Kabupaten Tabanan, sehingga dapat membuka pangsa pasar yang selama ini belum tergarap dan mempromosikan desa-desa wisata yang belum populer dan dikunjungi wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui pendekatan product bundling sebagai salah satu alternatif memperkenalkan dan mempromosikan desa wisata di kalangan wisatawan dan biro perjalanan wisata. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap pengelola biro perjalanan wisata, yaitu sebanyak lima informan. Selain itu, studi pustaka juga dilakukan dengan cara mengaji sumber tertulis seperti dokumen terkait potensi wisata, kebijakan desa wisata, data statistik dan peraturan perundangan. Hasil penelitian ini berupa empat paket wisata dari product bundling sebagai langkah untuk mempromosikan desa wisata, sehingga lebih dikenal dan mencapai keberlajutan pariwisata. Hal ini akan memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat desa wisata, khususnya masyarakat yang berada di sekitar lokasi daya tarik wisata. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan paket desa wisata melalui product bundling dapat dilakukan baik pihak biro perjalanan wisata maupun oleh pengelola desa wisata. Product bundling dengan mengemas produk-produk wisata di desa-desa wisata berdasarkan durasi, waktu perjalanan dan kesesuaian setiap produk, sehingga pengemasan paket wisata menjadi lebih bervariasi dan menarik minat wisatawan. Keempat paket wisata yang dikemas tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan wisatawan dan keberlanjutan pariwisata di desa-desa wisata di Kabupaten Tabanan

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Nelsye Lumanauw, Gst. Bgs. Wirya Gupta, & I Made Adi Suwandana. (2023). PENGEMBANGAN PAKET DESA WISATA DI KABUPATEN TABANAN, BALI: PENDEKATAN PRODUCT BUNDLING. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 95–104. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.106

Issue

Section

Articles