PENGEMBANGAN PARIWISATA PASCA-BENCANA MELALUI PENDEKATAN STORYNOMIC

Authors

  • Shinta Riski Amanda Universitas Teuku Umar
  • Yuhdi Fahrimal Universitas Teuku Umar
  • Asmaul Husna Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.112

Keywords:

Storynomic, Pariwisata Pasca-bencana, Aceh

Abstract

Bencana gempa dan tsunami di Provinsi Aceh pada tahun 2004 tidak hanya menyisakan kisah luka bagi penyintas namun juga menjadi peluang bagi pengembangan ekonomi lokal melalui wisata pasca-bencana. Beberapa objek pariwisata pasca-bencana dibangun karena kekuatan kisah kedahsyatan bencana tsunami Aceh seperti Museum Tsunami Aceh, PLTD Apung, Perahu di Atas Rumah, Tsunami Memorial Park Ulee Lheue. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggali dan mendeskripsikan kisah di balik objek wisata pasca-bencana di Provinsi Aceh; (2) menganalisis penerapan konsep 6A dalam promosi objek wisata pasca-bencana di Provinsi Aceh; dan (3) mengonstruksi strategi promosi objek wisata pasca-bencana dengan menggunakan pendekatan storynomic. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literature review pada data yang bersumber dari jurnal, hasil penelitian, berita, dan sumber informasi lainnya yang dianalisis menggunakan thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap objek wisata pasca-bencana di Provinsi Aceh menyimpan latar belakang kisah yang menggambarkan kedahsyatan gempa dan tsunami yang membuat pengunjung memiliki pengalaman imajinatif terhadap peristiwa Tsunami. Di samping itu, objek wisata pasca-bencana di Provinsi Aceh menjadi sarana edukasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana di masa depan. Objek wisata pasca-bencana di Provinsi Aceh memiliki kapital yang memadai bagi pengembangan strategi promosi menggunakan pendekatan storynomic karena (1) memiliki cerita dan kisah yang dramatis dan emosional sebagai persuasi bagi pengunjung dan (2) mengakomodir kebutuhan wisatawan khususnya dari negara berpenduduk muslim untuk berziarah. Oleh karenanya dibutuhkan kolaborasi di level pemangku kepentingan untuk mengembangkan strategi storynomic bagi promosi objek wisata pasca-bencana di Provinsi Aceh dengan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Shinta Riski Amanda, Yuhdi Fahrimal, & Asmaul Husna. (2023). PENGEMBANGAN PARIWISATA PASCA-BENCANA MELALUI PENDEKATAN STORYNOMIC. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 151–156. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.112

Issue

Section

Articles