ANALISA KEPUTUSAN PEMBELIAN DARI SUDUT PANDANG MEDIA SOSIAL DAN TERPAAN DRAMA KOREA

Authors

  • Sri Rejeki STIE PGRI Dewantara, Jombang, Indonesia
  • Nuri Purwanto STIE PGRI Dewantara, Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.153

Keywords:

Keputusan Pembelian, Media Sosial, Terpaan Drama Korea

Abstract

Dunia kuliner saat ini terus mengalami peningkatan yang sangat pesat dan beragam ditambah pengaruh dari budaya asing dan gaya hidup yang diperkenalkan, salah satunya yaitu budaya korea.  perkembangan budaya asing semakin berkembang dikalangan muda tidak hanya musik dan perfilman, namun juga makanannya pun semakin diminati. Maka, tidak heran jika saat ini bisnis makanan Korea ini telah menjamur di berbagai kota, hal tersebut yang menandakan bahwa penggemar kuliner Korea cukup banyak. Hal tersebut juga bisa dipengaruhi terpaan drama korea dan media sosial yang memuat banyak informasi tentang makanan korea dan menjadi daya tarik masyarakat sehingga dapat memutuskan untuk membeli produk kuliner korea. Ada keterlibatan dari 100 respoden pada penelitian ini. Purposive sampling ditentukan sebagai teknik pengambilan sampelnya yang tertuju pada para konsumen yang membeli produk kuliner  korea dijombang. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuisioner , data sekunder diperoleh dari literature, penelitian terdahulun, jurnal, dan buku. Data yang terkumpul akan dimasukkan kedalam SPSS versi 25 untuk tujuan analisis. Beberapa pengujian mulai dari uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan regresi merupakan analisis datanya. Pada studi ini ditemukan bahwa terpaan drama korea  dan media sosial  memiliki peran membentuk keputusan pembelian dan hal tersebut berpengaruh positif. Hubungan yang signifikan positif ditemukan antara terpaan drama korea dan media sosial  terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Sri Rejeki, & Nuri Purwanto. (2023). ANALISA KEPUTUSAN PEMBELIAN DARI SUDUT PANDANG MEDIA SOSIAL DAN TERPAAN DRAMA KOREA . Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 467–472. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.153

Issue

Section

Articles