PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RISIKO PENGGUNAAN APLIKASI RESERVASI ONLINE AGODA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOTA JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.154Keywords:
Kepuasan Konsumen, Persepsi Kemudahan Pemggunaan, Persepsi RisikoAbstract
Pada saat ini perkembangan teknologi dalam bidang informasi berkembang sangat pesat dan telah membuat perubahan pada seluruh aspek kehidupan manusia salah satu perubahan tersebut adalah adanya reservasi online. Reservasi online telah memberikan cara termudah bagi wisatawan dalan hal pemesanan akomodasi. Kemudahan penggunaan dan risiko penggunaan telah dianggap sebagai pertimbangan mendasar dalam pengambilan keputusan dalam menggunakan sistem online. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi risiko penggunaan aplikasi reservasi online Agoda terhadap kepuasan konsumen di kota Jombang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen di kabupaten Jombang yang pernah melakukan penggunaan aplikasi Agoda pada tahun 2022. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer penelitian diperoleh dari pengumpulan kuesioner dan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur, artikel, penelitian terdahulu, dan jurnal. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada pengguna Agoda di kota Jombang.