ANALISIS PRODUK, PROMOSI, DAN BUKTI FISIK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE MUSEUM WAYANG
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.99Keywords:
Produk, Promosi, Bukti Fisik, Keputusan Berkunjung, Museum WayangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Produk, Promosi, dan Bukti Fisik terhadap keputusan berkunjung secara parsial dan simultan. Juga untuk menganalisis variabel yang paling dominan terhadap keputuan berkunjung. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda, uji hipotesis yang digunakan adalah uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang berkunjung ke Museum Wayang. Hasil analisis regresi linier berganda didapat nilai konstan sebesar 2,220. Nilai produk sebesar 0,012. Nilai promosi sebesar 0,147. Dan nilai bukti fisik sebesar 0,142. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) pada variabel produk didapat nilai t hitung (0,212) lebih kecil dari t tabel (1,984) maka H0 diterima dan Ha ditolak. Pada variabel promosi didapat nilai t hitung (3,447) lebih besar dari t tabel (1,984) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada variabel bukti fisik didapat nilai t hitung (3,579) lebih besar dari t tabel (1,984) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji simultan (uji f) didapat F hitung (24,889) lebih besar dari F tabel (2,70) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Variabel Bukti Fisik (X3) adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan berkunjung karena didapat hasil sebesar 0,334 atau 33,4% Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa variabel Produk, Promosi, dan Bukti Fisik berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan berkunjung ke Museum Wayang. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung adalah Bukti Fisik (X3). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pada variabel Produk, Promosi, dan Bukti Fisik kepada pengelola Museum Wayang sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan.