PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PEMASARAN DI DESA WISATA

Penulis

  • Ni Wayan Giri Adnyani Universitas Sahid
  • Marlinda Irwanti Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.107

Kata Kunci:

Pemberdayaan Perempuan, Desa Wisata, Komunikasi Pemasaran, Ekonomi Kreatif

Abstrak

 

Kawasan Borobudur merupakan salah satu destinasi prioritas dengan permasalahan kemiskinan dan pengangguran. Di Kecamatan Borobudur 31,67% penduduk terdata sebagai belum/tidak bekerja, mengurus rumah tangga dan pensiunan. Salah satu upaya peningkatan kualitas hidup di Borobudur yaitu peningkatan ekonomi rumah tangga melalui peran perempuan. Pemberdayaan perempuan sangat penting agar perempuan mandiri dan dapat berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi pemasaran dapat memberdayakan perempuan di desa wisata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi literatur yang dilakukan di Desa Karanganyar. Penelitian ini melibatkan sejumlah 75 perempuan yang terlibat dalam kegiatan pelatihan komunikasi pemasaran di desa wisata tersebut. Mereka diminta untuk menuliskan evaluasi atas pandangan mereka terkait dengan penguasaan komunikasi pemasaran hingga hambatan dalam penguasaannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi pemasaran dinilai dapat membantu perempuan untuk memperluas jaringan bisnis, meningkatkan penjualan, dan memperkuat branding produk. Dalam konteks desa wisata, peningkatan kemampuan komunikasi pemasaran juga dinilai dapat meningkatkan peran perempuan dalam pengambilan keputusan dan mengurangi kesenjangan gender. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pemberdayaan perempuan melalui peningkatan kemampuan komunikasi pemasaran, seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar. Melalui penelitian ini disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi pemasaran dapat menjadi strategi yang efektif dalam pemberdayaan perempuan di desa wisata. Namun, implikasi dari penelitian ini adalah perlu adanya dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis untuk memastikan kesuksesan dari program pemberdayaan perempuan di desa wisata tersebut.

Diterbitkan

2023-05-12

Cara Mengutip

Ni Wayan Giri Adnyani, & Marlinda Irwanti. (2023). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PEMASARAN DI DESA WISATA. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 105–111. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.107

Terbitan

Bagian

Articles