PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE ANJUNGAN KALIMANTAN TIMUR (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @ANJUNGANKALTIM)
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.111Kata Kunci:
Promosi, Media sosial, instagram, keputusan berkunjung, Anjungan Kalimantan TmurAbstrak
Perubahan pemasaran pada era digital memungkinkan produsen untuk beradaptasi dengan perkembangan dan manfaat teknologi, khususnya di kalangan generasi milenial. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Anjungan Kalimantan Timur yaitu degan menggunakan media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas pada akun Instagram Anjungan Kalimantan Timur (@anjungankaltim) terhadap Keputusan Berkunjung ke Anjungan Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam memperoleh data yag disebar kepada pengguna aktif Instagram, dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden, selanjutnya metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Berdasarkan metode analisis data tersebut pada variabel Instagram mendapatkan hasil rata-rata 4,37 yang artinya media sosial Instagram sangat aktif. Sedangkan pada variabel keputusan berkunjung memiliki hasil rata-rata 4,40 yang artinya sangat tinggi. Dari hasi perhitungan regresi linier sederhana dan uji-t mendapatkan hasil constant (a) sebesar 4,968 dan nilai siginifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya aktifitas pada akun Instagram @anjungankaltim berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke anjungan Kalimantan timur. Dapat disimpulkan bahwa media sosial Instagram berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke Anjungan Kalimantan Timur, dan diharapkan pihak pengelola Instagram lebih aktif dalam memberikan informasi dan meningkatkan promosi di Instagram dengan rutin memposting content marketing.