STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI WISATA DI KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.113Kata Kunci:
Pariwisata, PAD, SWOT, BMCAbstrak
Sebagai salah satu negara yang mempunyai potensi wisata cukup besar, Indonesia berpeluang mampu meningkatkan pendapatan negara dan pertumbuhan ekonomi melalui seKtor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi untuk mengembangkan industri wisata di pantai lawata Kota Bima. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kualitatif,. Pengumpulan data primer dengan menggunakan kuisioner terbuka dan tertutup melalui link google form kepada pelaku UMKM di lokasi objek penelitian dan pengunjung yang sudah pernah berkunjung ke obyek penelitian. Kuisioner yang terkumpul di analisa menggunakan Analisis SWOT dan Bisnis Model Canvas. Hasil penelitian menunjukan bahwadari hasil analisis SWOT, pemerintah Kota Bima harus selalu mengembangkan daya tarik wisata, menjadikan Pantai Lawata sebagai kawasan ekonomi kreatif dan menambah fasilitas pendukung di pantai Lawata, sarana dan prasarana dapat menambah daya tarik dan meningkatkan daya saing dengan objek wisata di lain daerah dan dari BMC menunjukan bahwa dengan terus melakukan strategi untuk mengembangkan kawasan industri dengan terus meningkatkan fasilitas, pemberdayaan pelaku UMKM, Promosi meonline maupun offline sehinggan bisa meningkatan PAD untuk Kota Bima.