STUDI KELAYAKAN BISNIS PENGEMBANGAN USAHA BATIK DIANA HADI DI KOTA SOLO
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.125Kata Kunci:
UMKM, Studi Kelayakan Bisnis, Usaha Batik, Batik Dian HadiAbstrak
Batik salah satu produk tekstil karya tradisional bangsa Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki hasil karya batik dengan kekhasan motifnya. Ini merupakan salah satu ragam kekayaan bangsa yang perlu dilestarikan dan dijaga kualitasnya. Pengukuhan batik sebagai warisan budaya oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) tahun 2009 memberikan kebanggaan sekaligus tantangan bagi pemangku kepentingan di Indonesia. Metode ini menggunakan metode kualitatif, dengan wawancara, obervasi dan pengumpulan data dari berbagai literatur yang terkait dengan pengembangan usaha batik Diana Hadi di Kota Solo. Proses analisis setiap aspek saling berketerkaitan antara satu aspek dan aspek lainnya sehingga hasil analisis aspek -aspek tersebut menjadi terintegrasi. Beberapa aspek yang akan dinilai dalam studi kelayakan bisnis yaitu aspek finansial dan nonfinansial meliputi aspek pasar, aspek pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen, aspek ekonomi dan sosial, aspek yudiris, dan aspek lingkungan. Sebelum menjalankan bisnis perlu untuk melakukan studi terlebih dahulu. Berdasarkan hasil yang dicapai, Batik Diana Hadi sangat memiliki peluang yang berkembang pesat salah satunya dengan mengikuti pameran di dalam maupun diluar negri dan memiliki strategi yang khusus untuk mengembangkat usahanya. Batik Diana Hadi mampu membuka UMKM bagi masyarakat sekitar untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak. Dapat disimpulkan bahwa Batik Diana Hadi layak dan mampu dalam studi kelayakan bisnis karena perusahaan ini mampu mengatasi dalam berbagai aspek dan berbagai ancaman dalam usahanya,mampu bersaing didalam pemasaran dalam maupun diluar negri.