PERAN DAN KONTRIBUSI TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG POTENSI EKONOMI MASYARAKAT DI WILAYAH PEDESAAN

Penulis

  • Alamsyah Agit Prodi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Hasmawati Program Studi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Sahurri Prodi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Sari Yunus Program Studi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Fitriyani Syukri Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.126

Kata Kunci:

Teknologi, Industri Kreatif, Ekonomi Kreatif, Digitalisasi, Marketing Digital

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin cepat, memunculkan berbagai perubahan di masyarakat, dampak teknologi dapat dilihat dalam berbagai bidang, salah satunya pada bidang ekonomi, baik pada industri besar, multinasional, maupun industri lokal, hal ini menjadikan adanya pembeda antara industri yang memiliki modal besar dan industri. Industri lokal yang umumnya ditemukan di pedesaan, namun industri tersebut banyak memiliki produk yang tercipta dari kreativitas pemilik usaha, masalah yang umumnya terjadi terletak pada kemampuan para pemilik usaha untuk menggunakan dan memaksimalkan teknologi untuk mendukung bisnis mereka. Kemudahan akses informasi yang tidak terbatas konteksnya, menjadikan proses belajar menjadi mudah, begitupun untuk para pemilik usaha di wilayah pedesaan. Tujuan penelitian ini untuk menelusuri bagaimana teknologi berkontribusi dalam menunjang potensi yang dimiliki industri-industri kreatif di wilayah pedesaan. berbagai penelitian dan data empiris, penelitian ini menemukan hasil yang menyatakan bahwa akses teknologi yang semakin mudah dipahami, mendorong masyarakat untuk belajar, terutama dalam hal social media marketing dan digital marketing, selain melalui internet, upaya dalam menunjang potensi ekonomi masyarakat di wilayah pedesaan juga dilakukan oleh akademisi melalui pelaksanaan pelatihan, seminar, dan workshop yang tujuannya adalah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penggunaan teknologi dalam pengelolaan bisnis. Selain itu ditemukan indikasi yang menyatakan bahwa dengan adanya teknologi, jangkauan wilayah pemasaran pemilik usaha menjadi lebih luas, dengan memanfaatkan media online dan melakukan pemasaran secara offline.

Diterbitkan

2023-05-12

Cara Mengutip

Alamsyah Agit, Hasmawati, Sahurri, Sari Yunus, & Fitriyani Syukri. (2023). PERAN DAN KONTRIBUSI TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG POTENSI EKONOMI MASYARAKAT DI WILAYAH PEDESAAN. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 263–271. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.126

Terbitan

Bagian

Articles