PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND EXPOSURE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA PENGGUNA PRODUK THE BODY SHOP DI SURAKARTA)

Penulis

  • Pratiwi Kurniawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Surakarta
  • Ari Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.138

Kata Kunci:

Brand Awareness, Brand Exposure, Electronic Word of Mounth, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness, brand exposure dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada pengguna produk The Body Shop di Surakarta). Populasi dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen yang berupa Brand Awareness (X1), Brand Exposure (X2), dan Electronic Word of Mouth (X3) serta Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Analisis yang digunakan dalam penelitian (1) Uji Instrumen, (2) Uji Asumsi Klasik, dan (3) Uji Hipotesis dan Koefisien Determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Brand Awareness, Brand Exposure dan Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Brand Awareness, Brand Exposure, dan Electronic word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian.

 

Diterbitkan

2023-05-12

Cara Mengutip

Pratiwi Kurniawati, & Ari Susanti. (2023). PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND EXPOSURE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA PENGGUNA PRODUK THE BODY SHOP DI SURAKARTA). Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 330–338. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.138

Terbitan

Bagian

Articles