PENGARUH IKLAN YANG VIRAL, MOTIVASI DAN KEBIASAAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.149Kata Kunci:
Kebiasaan, Media Sosial, Merek Viral, Motivasi, Niat BeliAbstrak
Penelitian ini mencoba mengidentifikasi dan mengkaji faktor kreativitas periklanan sehingga sebuah merek menjadi viral dan dapat memprediksi niat beli pelanggan terhadap produk yang dipromosikan menggunakan iklan media sosial salah satunya adalah produk Erigo. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kebiasaan konsumen, interaktivitas, informatifitas, relevansi dan merek viral yang mempengaruhi niat beli konsumen terhadap produk yang disajikan dalam iklan media sosial. Subyek pada penelitian ini yaitu pelanggan di Solo Raya dan sekitarnya yang menggunakan platform media sosial, kuisioner dibagikan berupa checklist survey. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan Smart PLS dan dengan cara pendekatan dua langkah. Langkah pertama mengevaluasi validitas dan reliabilitas intrumen survei menggunakan model pengukuran, sedangkan tahap kedua mengevaluasi model penelitian yang diusulkan menggunakan permodelan struktural. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu bahwa mereka para responden akan terpengaruhi niat belinya terhadap produk Erigo disebabkan karena mereka merasa memiliki kebiasaan yang sama dengan yang disajikan produk Erigo, serta memperoleh interaktivitas, informativitas dan relevansi dari produk Erigo. Diharapkan terdapat faktor lain juga yang mempengaruhi niat beli para responden terhadap produk Erigo yaitu merek viral, produk Erigo belakangan ini merupakan salah satu merek yang sedang viral karena iklan yang disajikannya dalam media sosial.