PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN KHAS GRESIK

Penulis

  • Siska Meilya P.M Universitas Gresik, Gresik
  • Silviana Universitas Gresik, Gresik
  • Fiqia Universitas Gresik, Gresik
  • Umar Burhan Universitas Gresik, Gresik

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.156

Kata Kunci:

digital marketing, UMKM

Abstrak

UMKM merupakan pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian indonesia, UMKM juga memiliki peran yang sangat besar dalam membangun dan pertumbuhan ekonomi khususnya di indonesia. Strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan UMKM salah satunya melalui strategi pemasaran dengan mengunakan metode digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi digital marketing digunakan oleh UMKM di kecamatan kebomas dalam hal mempertahankan dan meningkatkan profit bisnis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik observasi dan wawancara, termasuk total 10 informan yang diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh UMKM di kecamatan kebomas dalah pemasaran melalui sarana media sosial maupun aplikasi e-commerce seperti grabfood, shopeefood dan gofood. Hasil pemasaran digital meningkatkan profit tidak terlalu penting. Namun melalui pemasaran digital, UMKM dapat berpromosi akses yang lebih mudah ke konsumen untuk bisnis lebih luas. Digital marketing juga memudahkan konsumen tidak perlu langsung ke outlet untuk membeli makanan dan minuman UMKM, serta dapat memberi kenyamanan dan kemudahan konsumen, sehingga memberikan pengaruh yang baik bagi pemilik UMKM.

Diterbitkan

2023-05-12

Cara Mengutip

Siska Meilya P.M, Silviana, Fiqia, & Umar Burhan. (2023). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN KHAS GRESIK. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 485–497. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.156

Terbitan

Bagian

Articles