EFEKTIVITAS INSTAGRAM @BNN_CEGAHNARKOBA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENCEGAHAN NARKOBA

Penulis

  • Ghanis Wahyurini Universitas Sahid, Jakarta
  • Herta Armianti Soemardjo Universitas Sahid, Jakarta
  • Sumiati Universitas Sahid, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.160

Kata Kunci:

Efektifitas Instagram, Media Kampanye, Pencegahan Narkoba

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat followers terhadap isi pesan instagram @bnn_cegahnarkoba serta mengetahui efektifitas instagram @bnn_cegahnarkoba sebagai media kampanye pencegahan narkoba. Teori yang digunakan adalah teori tentang efektifitas dan teori AIDA yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller, dimana pada intinya teori ini mengemukakan bahwa suatu informasi ataupun pesan-pesan yang harus mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, menjadi minat hingga seseorang dapat mengambil tindakan, dalam teori ini juga menyampaikan akan kualitas dari pesan yang baik dari mendapat perhatian hingga tahap adanya tindakan dari seseorang setelah pesan itu disampaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dekstriptif dengan pendeketan kuantitif. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah followers instagram @bnn_cegahnarkoba sebanyak 11.500 orang, dengan penarikan sampel sebanyak 100 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan studi pustakaHasil penelitian menunjukkan bahwa 88% followers mengatakan bahwa instagram efektif (45%) + sangat efektif (43%) sebagai media kampanye. Saran peneliti perlu mempertahankan dan meningkatkan media instagram sebagai media kampanye dengan lebih memperhatikan bahasa yang lebih milenial sesuai dengan sasaran kampanye, dimana kalangan instagram saat ini banyak diminati oleh pelajar dan mahasiswa.

Diterbitkan

2023-05-12

Cara Mengutip

Ghanis Wahyurini, Herta Armianti Soemardjo, & Sumiati. (2023). EFEKTIVITAS INSTAGRAM @BNN_CEGAHNARKOBA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENCEGAHAN NARKOBA. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 510–519. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.160

Terbitan

Bagian

Articles