PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI FAVE HOTEL GLODOK JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.173Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan TamuAbstrak
Tujuan Penelitian: 1. Untuk menganalisis kualitas pelayanan yang menginap di Fave Hotel Glodok Jakarta. 2. Untuk menganalisis kepuasan tamu di Fave Hotel Glodok Jakarta. 3.Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di fave hotel glodok Jakarta. Metode penelitian dekriftif kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah Tamu Fave Hotel Glodok Jakarta yang tercatat pada bulan Januari 2022 s/d September tahun 2022 berjumlah 10.500 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Untuk menganalisis kualitas pelayanan dan kepuasan dilakukan dengan cara menghitung rata-rata, untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu digunakan model regresi linear. Hasil penelitian Kualitas pelayanan di Fave Hotel Glodok Jakarta mempunyai rata – rata dengan index 4,10 dengan peneliaian kriteria „‟Baik‟. Kepuasan pelayanan di fave hotel glodok Jakarta mempunyai rata – rata 4,01 dengan penelitian kriteria „Puas‟. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan tamu berpangaruh siginifkan dan positif. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu sebesar 13.4%. Uji t pada penilitian ini adalah nilai Sig t (0.000) < α (0,05) yang artinya nilai signifikan lebih kecil dibandingkan 0,05 dan hasil regresi linear sederhana yaitu Y = 2,177+ 0,499X disimpulkan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan tamu.