PENGUKURAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PENGAMPU PARIWISATA DI PROVINSI RIAU MENGGUNAKAN HUMAN RESOURCE SCORECARD
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.184Kata Kunci:
HRSc, Kinerja ASN, Kinerja Organisasi KepariwisataanAbstrak
Pasca berjayanya era migas, maka tidak ada cara lain untuk membuat ekonomi Provinsi Riau tetap berjalan dengan baik, kecuali melakukan transformasi, dan salah satu potensi ekonomi yang cukup bisa dihandalkan adalah pariwisata berbasis budaya. Pada tahun 2015 Pemerintah Provinsi Riau telah membuat branding Riau The Homeland of Melayu, dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan daya saing dan meningkatkan kunjungan wisatawan, yang pada gilirannya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Riau. Salah satu kunci faktor keberhasilan suksesnya The Homeland of Melayu adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), sebagai salah satu engine penggerak pariwisata di Provinsi Riau. Artikel ini merupakan conceptual paper dengan menggunakan metode literature review, megumpulkan data dan atau infromasi, untuk menentukan metoda pengukuran kinerja ASN pengampu kepariwisataan di Provinsi Riau. Salah satu metoda untuk mengukur kinerja ASN kepariwisataan tersebut adalah Human Resource Scorecard (HRSc). HRSc merupakan suatu sistem pengukuran yang mengaitkan sumber daya manusia dengan strategi dan kinerja organisasi, yang akhirnya akan mampu menempatkan ASN pengampu kepariwisataan di Provinsi Riau tepat arah dan tepat jumlah. Selain itu, HRSc merupakan alat bantu bagi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu kepariwisataan, untuk memastikan bahwa semua ASN mendukung atau mempunyai kontribusi langsung pada implementasi strategi organisasi. HRSc akan membantu meningkatkan kinerja ASN, dan pada gilirannya mampu meningkatkan kinerja organisasi pengampu kepariwisataan di Provinsi Riau.