PEMANFAATAN AKUN INSTAGRAM @DARIHALTE_KEHALTE SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA KULINER

Authors

  • Fani Syaifillah Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid
  • Karin Amaranggana Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.100

Keywords:

@darihalte_kehalte, Instagram, Komunikasi persuasif, media social, model AIDDA

Abstract

Penelitian terbaru ini yang berjudul ‘Pemanfaatan Akun Instagram @darihalte_kehalte sebagai Media Informasi Wisata Kuliner’ akan meneliti bagaimana pemanfaatan media sosial yaitu akun Instagram dapat membantu promosi wisata kuliner yang ada di Indonesia. Dewasa ini, fenomena promosi pada media sosial dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai platform yang efektif untuk meningkatkan promosi seperti salah satu contohnya yakni konten wisata kuliner. Promosi wisata kuliner pada media sosial selain dapat meningkatkan penjualan UMKM juga untuk meningkatkan industri pariwisata di bidang kuliner. Melalui postingannya, akun Instagram @darihalte_kehalte memanfaatkan akun Instagram untuk menyampaikan informasi secara lengkap mengenai wisata kuliner yang menarik dan dapat dijangkau dari stasiun atau halte terdekat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana akun instagram @darihalte_kehalte menggunakan komunikasi persuasif sebagai strategi komunikasi untuk meningkatkan promosi wisata kuliner dan menarik audiens untuk mengunjungi daerah wisata kuliner menggunakan transportasi umum. Penelitian kualitatif ini menggunakan teori komunikasi persuasif dan model AIDA (perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), keputusan (decision), dan tindakan (action) sebagai metode penelitian untuk mengetahui bagaimana isi pesan yang disampaikan oleh akun Instagram @darihalte_kehalte. Hasil pada penelitian ini, menunjukan bahwa pesan-pesan persuasif yang digunakan dalam postingan akun Instagram @darihalte_kehalte mampu membantu masyarakat untuk mengetahui sumber informasi mengenai daerah wisata kuliner di Indonesia terutama masyarakat yang menggunakan layanan transportasi umum. Selain itu, juga mampu membantu mempromosikan pariwisata Indonesia pada bidang wisata kuliner serta meningkatkan penjualan bisnis UMKM melalui isi pesan yang persuasif dan telah memenuhi model AIDDA yaitu attention, interest, desire, decision dan action dalam setiap postingan Instagramnya.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Fani Syaifillah, & Karin Amaranggana. (2023). PEMANFAATAN AKUN INSTAGRAM @DARIHALTE_KEHALTE SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA KULINER. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 44–51. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.100

Issue

Section

Articles