PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN PRESTISE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TENUN RENDA DI KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.256Keywords:
Kelompok Referensi, Prestise, Keputusan PembelianAbstract
Dalam proses keputusan pembelian Tenun Renda,kelompok referensi menjadi landasan acuan dalam pembelian, begitu juga dengan prestise. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi dan prestise terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yaitu Asosiatif, Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli kain tenun Renda di Kota Bima yang tidak di ketahui secara pasti jumlahnya (unknown population) jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan study pustaka. Teknik Analisa data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, koefisien korelasi, uji determinasi, uji t, dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok referensi berpengaruh secara signifikan sedangkan prestise tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara simultan kelompok referensi dan prestise berpengaruh terhadap keputusan pembelian