PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN PRESTISE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TENUN RENDA DI KOTA BIMA

Penulis

  • Lalu Agus Karlan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Sri Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.256

Kata Kunci:

Kelompok Referensi, Prestise, Keputusan Pembelian

Abstrak

Dalam proses keputusan pembelian Tenun Renda,kelompok referensi  menjadi landasan acuan dalam pembelian, begitu juga dengan  prestise. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi dan prestise terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yaitu Asosiatif, Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli kain tenun Renda di Kota Bima yang tidak di ketahui secara pasti jumlahnya (unknown population) jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan study pustaka. Teknik Analisa data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, koefisien korelasi, uji determinasi, uji t, dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok referensi berpengaruh secara signifikan sedangkan prestise tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara simultan kelompok referensi dan prestise berpengaruh terhadap keputusan pembelian

Diterbitkan

2024-05-16

Cara Mengutip

Lalu Agus Karlan, Sri Ernawati, & Muhajirin. (2024). PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN PRESTISE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TENUN RENDA DI KOTA BIMA. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 480–490. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.256

Terbitan

Bagian

Articles