PENGGUNAAN IPA (IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS) DALAM ANALISA PREFRENSI WISATAWAN PASAR GEDE KOTA SOLO
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.199Keywords:
Harapan, Kinerja, Wisatawan, Pasar Gede SurakartaAbstract
Kota Solo merupakan salah satu destinasi wisata potensial yang berada di provinsi Jawa Tengah. Hal ini
terbukti dengan adanya peningkatan pengunjung atau wisatawan di kota Solo. Berdasarkan informasi yang
diperoleh terdapat total kunjungan wisatawan yang tercatat mencapai angka 5.541.700 orang, dibandingkan
dengan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 2,5 juta orang. Salah satu destinasi yang sedang naik daun
adalah Pasar Gede Kota Solo. Pasar Gede merupakan salah satu ikon wisata di Kota Solo. Dalam penelitian
ini akan melakukan pengamatan serta mneganalisa preferensi wisatawan pasar gede di Kota Solo. Adapun
pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode IPA (Importance Perfomance Analysis) dengan
melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 100 Responden Wisatawan yang pernah berkunjung di Kota
Solo. Dalam penyebaran kuesioner tersebut peneliti menggunakan pertanyaan dengan indikator atribut
pemasaran produk jasa yakni, bukti langsung (tangible),keandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Dari hasil penelitian ini diperoleh jika nilai
rata-rata pada X (kinerja), 3.42 dan pada nilai rata-rata Y (kepentingan) 3.36. Keterbatasan dalam penelitian
ini adalah menggunakan 100 responden wisatawan, sedangkan pengunjung atau wisatawan yang bekunjung
di pasar gede kota solo bisa mencapai lebih dari 200 orang tiap harinya.