BUSINESS MODEL CANVAS BAGI UMKM MOII FOODS

Authors

  • Della Natallia
  • Livya Wachyu Susanti
  • Herisen Herisen
  • Maya Malind

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.33

Keywords:

Business Model Canvas, Bisnis, UMKM, Pelanggan, dan Penjualan.

Abstract

Bank Dunia menyatakan terdapat 86% pelaku UMKM yang mengalami penurunan penjualan pada masa pandemi COVID-19. Dampaknya yang terasa oleh para pelaku UMKM adalah sulit untuk mendapatkan bahan baku, produksi dan distribusi yang lambat serta penjualan yang menurun sehingga kita membutuhkan strategi yang tepat dimana Business Model Canvas menjadi salah satu solusinya. Penulis berencana menerapkan Business Model Canvas pada bisnis UMKM Moii Foods yang merupakan salah satu bisnis UMKM di bidang makanan penutup. Alasan dipilihnya bisnis UMKM ini adalah bisnis tersebut masih baru sehingga dapat dipantau sejak dari awal bagaimana Business Model Canvas diterapkan. Selain itu, Moii Foods ini dirintis pada saat pandemi COVID-19 sehingga penulis dapat dengan lebih jelas memahami dampak dari Business Model Canvas ini di situasi yang tidak menentu. Jadi, dalam konteks pembahasan ini, metode yang akan digunakan oleh penulis adalah Business Model Canvas pada Moii Foods. Kesimpulannya adalah dengan menerapkan sembilan faktor dalam Business Model Canvas untuk mempermudah fokus usaha serta mengurangi risiko pada bisnis yang di jalankan, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan bersaing dengan para bisnis UMKM lainnya.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Natallia, D. ., Susanti, L. W. ., Herisen, H., & Malind, M. . (2022). BUSINESS MODEL CANVAS BAGI UMKM MOII FOODS. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 154–160. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.33

Issue

Section

Articles