ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TOKO JIF BANDUNG, INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.35Keywords:
Kewirausahaan, UMKM, Business Model Canvas, Toko kelontongAbstract
Toko JIF merupakan Toko kelontong offline yang beroperasi dari tahun 1972 di Kota Bandung. Toko JIF menyediakan serta menjual barang kebutuhan pokok atau sehari-hari seperti beras, kopi, gula, minyak, dan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis permasalahan apa saja yang terdapat di Toko JIF, penerapan Business Model Canvas bagi Toko JIF sehingga dapat menemukan strategi atau perubahan apa yang bisa digunakan Toko JIF untuk mengembangkan bisnisnya. Peneliti menemukan permasalahan yang dialami oleh Toko JIF karena kurangnya optimalisasi bisnis dan hanya membuka bisnis dalam bentuk offline saja, sehingga pelanggan yang ingin membeli harus pergi ke Toko JIF terlebih dahulu, dan metode pembayaran yang dilakukan oleh Toko JIF masih dalam bentuk cash, tidak bisa menggunakan e-money untuk pembayarannya. Untuk membantu memperbaiki dan mengembangkan bisnis Toko JIF, peneliti menggunakan kerangka Business Model Canvas sebagai acuan dan pedoman untuk memberikan masukan serta saran untuk Toko JIF. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa wawancara dan observasi langsung untuk mengumpulkan data disertai diskusi, sedangkan jenis penelitian yang dipakai peneliti adalah kualitatif. Hasil dari analisis Business Canvas Model adalah strategi pengembangan bisnis yang cocok diimplementasikan pada Toko JIF berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada intinya adalah pemanfaatan teknologi dengan optimal berupa penambahkan alternatif pembayaran dengan e-money serta penambahan penggunaan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan konsumen.