Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image “Kopi Janji Jiwa” di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.40Keywords:
Strategi Public Relation, Brand Image, Instagram, Kopi Janji JiwaAbstract
Bisnis kopi di Jakarta banyak yang menggunakan Instagram sebagai alat untuk mempromosikan merek (brand) atau produknya, salah satunya Kopi Janji Jiwa, yang telah menggunakan media Instagram untuk mempromosikan merek maupun produknya sejak tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi branding Kopi Janji Jiwa melalui media sosial Instagram dalam membangun citra merek (brand image). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data utamanya ialah wawancara mendalam kepada marketing communications, CEO Kopi Janji Jiwa, Public Relations serta followers Janji Jiwa. Selain itu dilakukan pula observasi terhadap media Instagram Janji Jiwa serta staf penanggung jawab penyelenggaraan media tersebut, serta studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi branding yang digunakan oleh Janji Jiwa didasarkan pada (a) makna merek Janji Jiwa sebagai janji dari merek minuman olahan kopi yang akan menyajikan produknya dengan kualitas terbaik. b) Logo merek Janji Jiwa dengan jari kelingking sebagai simbol dari janji yang berarti komitmen Janji Jiwa untuk menyajikan minuman olahan kopi yang berkualitas untuk menyenangkan hari para konsumen. c). Slogan merek Janji Jiwa yaitu “kopi dari hati” yang memberikan kepada konsumen bahwa Janji Jiwa akan berkomitmen untuk mempertahankan cita rasa yang sama pada semua kedai. Selain itu, janji Jiwa memanfaatkan media sosial Instagram untuk melakukan promosi seluruh program yang sedang dijalankan atau produk terbaru kolaborasi Janji Jiwa dengan merek lain. Beberapa point yang mendukung promosi Janji Jiwa yaitu: comment, profil instagram, caption, fitur instagram stories, konten, tagar, fitur highlight, dan ketepatan waktu posting.