PEMANFAATAN MASYARAKAT TONTONAN SEBAGAI AKTOR DALAM STRATEGI PROMOSI GRATIS DI DUNIA PARIWISATA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.18Kata Kunci:
instagram, promosi, tontonan, wisataAbstrak
Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi wisata cukup penting dilakukan. Terutama ketika Covid-19 mulai masuk di Indonesia dan memengaruhi perekonomian pada sektor pariwisata. Promosi di Instagram dapat menjadi alat untuk menarik kembali minat wisatawan agar mengunjungi lokasi wisata daerah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi yang dilakukan akun Instagram @eksotika_jogja untuk meraih keuntungan dalam mempromosikan wisata di Yogyakarta. Selain itu juga untuk mengetahui strategi dari @eksotika_jogja untuk merangkul para wisatawan muda. Penelitian ini menggunakan teori masyarakat tontonan dari Guy Debord. Metode yang digunakan adalah analisis wacana multimodal. Hasil penelitian ini menemukan bahwa akun @eksotika_jogja memanfaatkan fasilitas tagar dan tag untuk mendapatkan konten gratis dari para followers. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan keinginan mereka untuk meraih popularitas di media sosial. Dengan memanfaatkan hal itu, akun @eksotika_jogja mendapatkan bahan promosi gratis untuk mempromosikan destinasi sekaligus jasa wisatanya. Hal yang dilakukan oleh akun @eksotika_jogja diketahui tidak melanggar hak cipta, sehingga dia dapat memanfaatkan konten tersebut untuk kepentingan komersiil.