ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA KULINER 21ST CENTURY SANDWICH
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.204Kata Kunci:
branding, business model canvas, kewirausahaan, kuliner, UMKMAbstrak
Analisis business model canvas (BMC) ini bertujuan untuk membuat rencana bisnis yang matang untuk meningkatkan sustainability atau keberlanjutan usaha kuliner 21st Century Sandwich yang beroperasi di Cilibende, Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rencana bisnis dari usaha 21st Century Sandwich masih perlu dilakukan evaluasi dan perubahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand 21st Century Sandwich dapat bersaing dan memperluas pasar dengan cara meningkatkan kualitas produk melalui jalinan kemitraan dengan supplier, menjaga komunikasi dengan customer, dan menerapkan strategi pemasaran digital. Melalui analisis 9 elemen BMC, brand 21st Century Sandwich akan lebih mudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam strategi usaha agar visi dan misi brand tersebut semakin terarah.