KINERJA SUPPLY CHAIN PARIWISATA (STUDI KASUS TAMAN WISATA MARGASATWA)

Penulis

  • Lisa Ratnasari Universitas Sahid
  • Moch Sambas Universitas Sahid
  • Dewi Kirana Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.210

Kata Kunci:

Pariwisata, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Servqual

Abstrak

Taman Margasatwa Ragunan merupakan kawasan konservasi yang memiliki fungsi untuk pelestarian, rekreasi alam, edukasi, daerah resapan air, ruang terbuka hijau, serta sebagai sumber oksigen atau paru-paru kota Jakarta. Taman Margasatwa Ragunan memiliki tantangan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengunjung dengan kenaikan yang signifikan di setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja supply chain pariwisata Taman Margasatwa Ragunan. Pengumpulan  dan pengolahan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara, metode Servqual, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Preferensi  wisatawan Taman Margasatwa Ragunan berdasarkan komponen supply chain pariwisata mendapatkan tingkat kepuasan pelanggan dengan metode CSI sebesar 71%, hasil tingkat kesesuaian berdasarkan tujuh dimensi komponen supply chain pariwisata sebesar 93% yang masuk kedalam kategori kepuasan tinggi dan nilai gap pada ketujuh dimensi supply chain pariwisata mendapatkan rentan gap dari -0.17 hingga -0.49 sehingga dapat dikatakan wisatawan sudah puas terhadap komponen supply chain pariwisata di Taman Margasatwa Ragunan.

Diterbitkan

2024-05-16

Cara Mengutip

Ratnasari, L., Sambas, M., & Kirana, D. . (2024). KINERJA SUPPLY CHAIN PARIWISATA (STUDI KASUS TAMAN WISATA MARGASATWA) . Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 93–98. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.210

Terbitan

Bagian

Articles