PENGARUH MUSEUM EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK

Penulis

  • Annisa Zain Al Ghifari Universitas Sahid
  • Ismayanti Ismayanti Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.218

Kata Kunci:

Kepuasan Pengunjung, Museum Experience, Museum Seni Rupa dan Keramik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh museum experience terhadap kepuasan pengunjung di Museum Seni Rupa dan Keramik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kuesioner yang disebarkan melalui google form kepada 100 responden yang sudah pernah mengunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik. Metode analisis deskriptif kuantitaif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian pada Museum Experience menunjukan “sangat menyenangkan” dan hasil Kepuasan Pengunjung menunjukan “sangat puas”. Hal tersebut dikatakan bahwa responden sangat puas dengan kunjungan nya ke Museum Seni Rupa dan Keramik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan hasil uji T yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara museum experience terhadap kepuasan pengunjung. Akan hal nya saran yang dapat diberikan untuk pihak museum adalah untuk menambahkan alat pengrajin gerabah dan kuota peserta dalam mengikuti kelas gerabah dan meningkatkan lagi kualitas pelayanannya dengan memahami kebutuhan pengunjung dan lagi dapat menghadirkan unsur kebaruan melalui aktifitas wisata agar pengunjung merasa lebih puas dengan kunjungannya ke Museum Seni Rupa dan Keramik.

Diterbitkan

2024-05-16

Cara Mengutip

Al Ghifari, A. Z. ., & Ismayanti, I. (2024). PENGARUH MUSEUM EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 99–108. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.218

Terbitan

Bagian

Articles