PENGARUH KEPUASAN PARTNER PROPERTI TERHADAP LOYALITAS DI URBANVIEW REDDOORZ INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.219Kata Kunci:
RedDoorz Indonesia, Urbanview, kepuasan, loyalitasAbstrak
Salah satu layanan akomodasi yang dapat digunakan dalam industri perhotelan saat ini adalah jasa layanan yang berbasis platform online. RedDoorz merupakan jaringan penginapan budget online terbesar di Indonesia yang memiliki lima brand, salah satunya adalah Urbanview. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir sejak 2019 terjadi peningkatan jumlah inactive pada brand Urbanview, yang berarti properti Urbanview menghentikan kemitraan dengan RedDoorz Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan, tingkat loyalitas, serta pengaruh kepuasan terhadap loyalitas partner. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 yang merupakan partner yaitu pemiliki Urbanview. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang dikirim melalui google form. Kemudian, dihitung dan dianalisis dengan penggunaan SPSS. Hasilnya adalah tingkat kepuasan partner rata-rata sebesar 4.10 tingkat loyalitas partner rata-rata sebesar 4.05 dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas adalah koefisien determinasi (R2) = 0.782, hal ini menunjukkan bahwa sebesar 78.2% nilai loyalitas properti urbanview ditentukan oleh kepuasan partner properti urbanview. Disarankan Manajemen RedDoorz perlu memperhatikan kesesuaian harga berdasarkan kesepakatan serta konsisten dan komit menerapkan SOP pelayanan.