PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PINTAAR.COM
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.223Kata Kunci:
Kepuasan, Kualitas, PelayananAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap tingkat kepuasan pelanggan (Y) Pintaar.com. Populasi penelitian mencapai 150.000 pengguna, dan sampel sebanyak 100 responden dipilih melalui purposive sampling berdasarkan rumus Slovin. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan Pintaar.com, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Analisis Koefisien Determinasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel kualitas pelayanan (X) dan kepuasan pelanggan (Y), dengan nilai R sebesar 0,877 mendekati 1. Selain itu, nilai R2 sebesar 0,770 mengungkapkan bahwa 77,0% variasi kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan. Kesimpulan ini menegaskan signifikansi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Pintaar.com.