PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE MUSEUM NASIONAL INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.227Kata Kunci:
Konten Media Sosial, Promosi, Minat Berkunjung, Museum Nasional IndonesiaAbstrak
Media sosial Tiktok digunakan oleh Museum Nasional Indonesia sebagai media penyebaran promosi dan informasi untuk memperkenalkan MNI. Namun media sosial Tiktok MNI belum optimal baik dari jumlah follower maupun dari jumlah konten yang diupload, dibandingkan media sosial lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konten media sosial Tiktok (dimensi quality, quantity, dan sender expertise), minat berkunjung dan pengaruh konten media sosial Tiktok terhadap minat berkunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif Teknik pengumpulan data dengan metode survei melalui menyebarkan kuesioner kepada follower Tiktok MNI dalam bentuk google form. Konten Tiktok MNI terhadap minat berkunjung ke MNI dinilai oleh responden dengan rata-rata 3,26 yang berarti menarik, sementara itu minat berkunjung ke MNI dinilai oleh responden dengan rata-rata 3,30 yang berarti sangat berminat. Adapun pengaruh konten Tiktok terhadap minat berkunjung ke MNI dengan alat regresi linear sederhana menunjukkan hasil nilai thitung > ttabel yaitu 10,663 > 1,987 dengan nilai signifikansi 0,001 <0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Konten Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Berkunjung Ke Museum Nasional Indonesia dan disarankan kepada pihak MNI agar tetap konsisten dan bersedia terus menyajikan konten-konten inovatif. Hal ini diharapkan dapat menarik perhatian pengikut Tiktok MNI untuk mengunjungi museum.