PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE MUSEUM NASIONAL INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.230Kata Kunci:
Electronic Word of Mouth Instagram, Minat Berkunjung, Museum Nasional IndonesiaAbstrak
Electronic word of mouth pada media sosial Instagram berkaitan dengan bagaimana informasi, ulasan, rekomendasi atau komentar yang dipertukarkan secara elektronik oleh pengguna media sosial Instagram untuk menarik minat berkunjung ke Museum Nasional Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pendapat pengunjung tentang electronic word of mouth (ewom) pada media sosial instagram @museumnasionalindonesia,(2) untuk mengetahui pendapat minat berkunjung Masyarakat ke Museum Nasional Indonesia, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh ewom pada media social Instagram terhadap minat berkunjung ke Museum Nasional Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui google form kepada 100 responden yaitu pengikut akun instagram @museumnasionalindonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dlalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan pendapat pengunjung tentang ewom pada media sosial Instagram yaitu dapat dikategorikan efektif dengan rata-rata 3,95. Minat Berkunjung ke Museum Nasional Indonesia dikategorikan berminat, dengan rata-rata 4,19. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh Ewom pada media sosial Instagram terhadap minat berkunjung ke Museum Nasional Indonesia dengan nilai signifikansi 0,001.