PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK JAKARTA BARAT)
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.233Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung, Museum Seni Rupa dan KeramikAbstrak
Kualitas pelayanan yang baik sangat penting untuk memenuhi rasa kepuasan pengunjung Museum Seni Rupa dan Keramik. Namun masih terdapat keluhan yang dialami pengunjung pada saat berkunjung Museum Seni Rupa dan Keramik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Museum Seni Rupa dan Keramik.Metode kuantitati. Teknik pengumpulan data menggunakan servei, menyebarkan kuesioner dengan Teknik purpose sumpling dengan jumlah populasi 100 responden yaitu responden yang pernah mengunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik dengan menggunakan Google form. Lalu, dilanjutkan dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Museum Seni Rupa dan Keramik terdapat. Selain itu, Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki kualitas pelayanan yang baik dengan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,06 Hal ini dapat disimpulkan bahawa kualitas pelayanan Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki kriteria baik dan untuk kepuasan pengunjung sebesar 4,21 menunjukan bawah kesesuaian harapan, minat menggunakan kembali, dan kesidaan merekomendasikan memiliki kriteria puas.