STRATEGI PEMASARAN PRODUK ONDE-ONDE DENGAN PEWARNA ALAMI BUNGA ROSELLA DAN UBI UNGU DENGAN ISIAN SELAI BUAH (SESAME BALLS FRUIT)
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.235Kata Kunci:
Onde-onde, selai buah, bunga rosella, ubi unguAbstrak
Onde-onde merupakan salah satu jajanan pasar yang berbahan dasar tepung ketan yang berisi kacang hijau dan berbentuk bulat berbalut dengan biji wijen. Sesame Balls Fruit adalah onde-onde yang dimodifikasi pada bagian isian yang menggunakan selai buah serta bagian warna kulit menggunakan pewarna dari larutan bunga rosella dan ubi ungu. Onde-onde termasuk dalam camilan atau makanan selingan yang banyak disukai oleh semua kalangan sehingga banyak wirausahawan baru yang ingin menjual produk onde-onde. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan strategi pemasaran produk Sesame Balls Fruit. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Analisis SWOT dari produk Sesame Balls Fruit terdapat kelemahan yaitu sudah banyak produk saingan yang hampir serupa berupa onde-onde isi kacang hijau. Target pasar Sesame Balls Fruit yaitu untuk berbagai kalangan mulai dari anak sekolah, mahasiswa, maupun masyarakat sekitar. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha Sesame Balls Fruit adalah mempromosikan produk lewat media sosial dan menjual secara langsung kepada konsumen dengan membuka kios di Pasar Anyar Bogor.