PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, IMPULSE BUYING , DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KDS BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.239Kata Kunci:
Kelengkapan Produk, Impulse Buying, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstrak
Kelengkapan produk bagi sebuah pasar swalayan merupakan faktor yang penting untuk menarik konsumen.Selain kelengkapan produk, fasilitas pelayanan pasar swalayan yang baik, kemudahan pengambilan barang dan pelayanan barang secara menyeluruh merupakan pertimbangan yang mempengaruhi tingkat keputusan konsumen untuk membeli di pasar swalayan. Sikap pramuniaga yang sopan dan ramah merupakan bentuk pelayanan yang diharapkan oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian di pasar swalayan. Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan menggunakan metode penelitihan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti terhadap populasi tertentu. Hasil penelitian menunjukan dengan mengunakan uji validasi data dalam uji validasi data ini dapat dilakuakan dengan membandingkan nilai correccted item-total correlation dengan r tabel jika nilai correlation item-total correlation lebih besar dari r tabel dan nilai positif, maka data dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas pengukuran yang digunakan dalam pengukuran ini adalah cronbach alpha, dimana apabila nilai cronbach alpha variable penelitihan >0,60, maka variable tersebut realiabel. Hasil uji T digunakan untuk mengetahui pengaruh dari masing masing variable independent terhadap variable dependen. Uji dalam penelitihan ini dengan cara membandingkan nilai signifikasih (sig) dengan nilai a sebesar 0,05 hal ini di terima apabila nilai singnifikasi (sig) yang dihasilkan lebih kecil dari 0,05. Berarti variable independent berpengaruh terhadap variable dependen.