PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, IMPULSE BUYING , DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KDS BOJONEGORO

Penulis

  • Ina Putri Widianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Wike Rahayu Shintia Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Shania Nurlaila Achmadhana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Moch Irfan Febri Mubarok Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Zainurrahman Isnin Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Choirul Irfan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro
  • Fahriza Aril Amrullah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia, Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.239

Kata Kunci:

Kelengkapan Produk, Impulse Buying, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstrak

Kelengkapan produk bagi sebuah pasar swalayan merupakan faktor yang penting untuk menarik konsumen.Selain kelengkapan produk, fasilitas pelayanan pasar swalayan yang baik, kemudahan pengambilan barang dan pelayanan barang secara menyeluruh merupakan pertimbangan yang mempengaruhi tingkat keputusan konsumen untuk membeli di pasar swalayan. Sikap pramuniaga yang sopan dan ramah merupakan bentuk pelayanan yang diharapkan oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian di pasar swalayan. Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan menggunakan metode penelitihan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti terhadap populasi tertentu. Hasil penelitian menunjukan dengan mengunakan uji validasi data dalam uji validasi data ini dapat dilakuakan dengan membandingkan nilai correccted item-total correlation dengan r tabel jika nilai correlation item-total correlation lebih besar dari r tabel dan nilai positif, maka data dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas pengukuran yang digunakan dalam pengukuran ini adalah cronbach alpha, dimana apabila nilai cronbach alpha variable penelitihan >0,60, maka variable tersebut realiabel. Hasil uji T digunakan untuk mengetahui pengaruh dari masing masing variable independent terhadap variable dependen. Uji dalam penelitihan ini dengan cara membandingkan nilai signifikasih (sig) dengan nilai a sebesar 0,05 hal ini di terima apabila nilai singnifikasi (sig) yang dihasilkan lebih kecil dari 0,05. Berarti variable independent berpengaruh terhadap variable dependen.

Diterbitkan

2024-05-16

Cara Mengutip

Widianti, I. P. ., Shintia Dewi, W. R. ., Achmadhana, S. N. ., Febri Mubarok, M. I. ., Putra, Z. I. ., Irfan, C., & Aril Amrullah, F. . (2024). PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, IMPULSE BUYING , DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KDS BOJONEGORO. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 354–361. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.239

Terbitan

Bagian

Articles