PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KLINIK DOCWIR AESTHETIC & SLIMMING KELAPA GADING

Penulis

  • Inzaghi Sanjaya Universitas Sahid
  • Dedy Wahyudi Universitas Sahid
  • Ahmad Zuhrofi Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.240

Kata Kunci:

Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Klinik Docwir

Abstrak

Di era globalisasi, semua perusahaan dalam dunia bisnis menghadapi persaingan yang semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat dan jumlah pesaing yang semakin banyak menuntut seluruh perusahaan untuk senantiasa memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berupaya untuk memenuhi harapan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan kualitas pelayanan yang lebih memuaskan dibandingkan kompetitor. Jika hal ini dapat tercapai, maka pelanggan akan merasa puas dan hal ini akan menimbulkan loyalitas pelanggan. Kondisi inilah yang menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan di industri kecantikan. Dahulu, wanita masih menggunakan bahan – bahan tradisional seperti masker wajah dari buah – buahan untuk perawatan wajahnya. Klinik Docwir Aesthetic & Slimming adalah salah satu klinik yang berlokasi di Kelapa Gading. Klinik Docwir Aesthetic & Slimming  sudah beroperasi sejak Februari 2022. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 692 pelanggan, dan sampel 90 orang yang didapat menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert yang masing-masing telah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian yang digunakan yaitu uji t dan uji koefisien determinasi dengan program SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi sebesar 84%, sedangkan sisanya sebesar 16%  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti promosi, harga, produk, dan lain-lain.

Diterbitkan

2024-05-16

Cara Mengutip

Sanjaya, I., Wahyudi, D., & Zuhrofi, A. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KLINIK DOCWIR AESTHETIC & SLIMMING KELAPA GADING. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 362–370. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.240

Terbitan

Bagian

Articles