PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BAKSO CONDONG RAOS 1 DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.246Kata Kunci:
Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kuliner BaksoAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bakso Condong Raos 1 Depok. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert, dan sampel yang digunakan berjumlah 96 orang. Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan 4,163 > 1,989. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan 3,794 > 1,989. Terdapat pengaruh positif antara Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan 64,711 > 3,09. Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 57,3%. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner, diketahui bahwa dimensi tertinggi dari variabel Kualitas Produk (X1) adalah Gaya dan Desain (Style and Design) dengan indikator rasa dari produk Bakso Condong Raos 1 Depok lezat dan sesuai dengan harapan, dan dimensi tertinggi dari variabel Kualitas Pelayanan (X2) adalah Empati (Emphaty) dengan indikator Bakso Condong Raos 1 Depok sudah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang berkontribusi secara positif dan signifikan pada Kepuasan Konsumen Bakso Condong Raos 1 Depok (Y).