PENGARUH KUALITAS SITUS WEB DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JASA DOMAIN HOSTING MEREK “JETDINO”
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.250Kata Kunci:
Kualitas Situs Web, Promosi, Keputusan PembelianAbstrak
“ABC” adalah penyedia jasa domain hosting yang dimiliki indonesia dengan brand ataupun merek local. Adapun penelitian dari segi pengaruh kualitas situs web dan promosi terhadap keputusan pembelian nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah pembeli ataupun konsumen dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Metode penggumpulan data yang digunakan adalah kuesioner melalui google form dan skala yang digunakan adalah skala likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji parsial dan uji simultan) dan koefisien determinasi. Agar bisa diketahui signifikansi variabel kualitas situs web dan promosi secara parsial dan secara simultan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian dilakukan uji T dan uji F. Hasil perhitungan menggunakan IBM SPSS Statistic 26, untuk hasil uji T nilai signifikasi sebesar 0,001 untuk variabel kualitas situs web dan signifikansi sebesar 0,001 untuk variabel promosi maka Ha diterima, berarti adanya pengaruh secara parsial. Hasil uji F didapatkan dengan nilai sebesar 0,000 maka Ha diterima, berpengaruh secara simultan. Selanjutnya dari analisis regresi linear berganda agar tingkat keputusan pembelian meningkat maka perlu adanya peningkatan yang lebih besar pada nilai koefisien variabel kulitas situs web dan promosi karena konstanta bernilai -1,455.