PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN YANG MENGINAP DI HERMAN LANTANG CAMP BOGOR JAWA BARAT

Penulis

  • David Aries Sondy Pangihutan Purba Universitas Sahid
  • Miswan Miswan Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.251

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Wisatawan, Herman Lantang Camp, Glamping

Abstrak

Pada beberapa destinasi wisata alam yang sulit dijangkau dan minim akomodasi, muncul pilihan akomodasi wisata baru untuk menginap, yakni glamorous camping atau lebih dikenal dengan glamping. Glamping merupakan pengembangan dari konsep berkemah (camping) yang dilengkapi dengan fasilitas yang lebih mewah dan tingkat kenyamanan serta keamanan yang lebih tinggi. Herman Lantang Camp (selanjutnya disingkat menjadi HLC) merupakan salah satu akomodasi wisata alam yang menawarkan pengalaman glamping yang menarik bagi para wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1. Menganalisis penilaian wisatawan mengenai kualitas pelayanan di HLC, 2. Menganalisis penilaian wisatawan mengenai harga di HLC, 3. Menganalisis kepuasan wisatawan yang menginap di HLC, 4. Menganalisis apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan wisatawan yang menginap di HLC baik secara bersama-sama maupun secara parsial). Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan data yang digunakan adalah data primer dalam bentuk kuesioner menggunakan google form, dan data sekunder adalah data yang terekam di internet. Responden dalam penelitian ini berjumlah 97 responden merupakan wisatawan yang sudah pernah menginap di HLC pada rentang waktu tahun 2022-2023. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif, analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis. Hasil analisis diperoleh : (1. Kualitas pelayanan di HLC masuk dalam kategori sangat baik, 2. Harga menginap di HLC masuk dalam kategori sesuai, 3. Kepuasan wisatawan yang menginap di HLC masuk dalam kategori sangat puas, 4. Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap kepuasan wisatawan yang menginap di HLC. Berdasarkan dari korelasi dan determinasi diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang sangat erat atau sangat kuat antara kualitas pelayanan dan harga dengan kepuasan wisatawan yang menginap di HLC).

Diterbitkan

2024-05-16

Cara Mengutip

David Aries Sondy Pangihutan Purba, & Miswan Miswan. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN YANG MENGINAP DI HERMAN LANTANG CAMP BOGOR JAWA BARAT. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3, 436–444. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.251

Terbitan

Bagian

Articles