PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH MAKAN GALA DENGAN SIMULASI PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.265Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Rumah Makan, Konsumen, House of Quality (HoQ), Quality Function Deployment (QFD)Abstrak
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan rumah makan Gala dengan simulasi pendekatan Quality Function Deployment (QFD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif survey dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil studi yakni Karyawan memberikan respon yang baik saat menerima keluhan dan permintaan pelanggan, Karyawan yang menerima pelanggan dengan lima 5S yaitu senyum, salam, sapa, salam, sopan dan santun, Karyawan yang membantu dan memperlakukan konsumen dengan penuh perhatian, Tersedia fasilitas hiburan seperti karaoke dan tempat bermain anak (play ground), Tersedia metode pembayaran yang beragam, Tempat makan yang bersih dan nyaman, Memberikan pelayanan tepat waktu, Pihak restoran memberikan jaminan atas makanan yang bermaslah seperti gosong, atau tidak bagus dengan makanan yang baru, Menu makanan dan minuman yang halal dan sehat, dan Menyajikan makanan dan minuman yang bersih dan higienis, Hiasan interior dan eksterior yang menarik perhatian & Memiliki menu yang bervariasi dan upgrade menu baru. Sedangkan persyaratan teknik dengan persentase terendah atau yang tidak menjadi prioritas adalah Inovasi Menu dengan persentase sebesar 4,6 persen. Yang menyatakan bahwa Kritik dan Saran perlu disoroti demi tercapainya target kualitas pelayanan RM. GALA. Tersedia fasilitas internet (wifi), Karyawan yang membantu dan memperlakukan konsumen dengan penuh perhatian dengan nilai 1,25. Diartikan bahwa faktor utama yang perlu mendapatkan perhatian dan sangat penting untuk diperbaiki. di sisi lain berdasarkan hasil penentuan prioritas utama persyaratan teknik maka terdapat 7 (tujuh) atribut yang menjadi nilai utama dalam persaingan.