PENGEMBANGAN E – MODUL PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS MENGGUNAKAN MODEL GUIDED INQUIRY
DOI:
https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.300Kata Kunci:
Media pembelajaran, e – modul pembelajaran, Guided Inquiry, fluida dinamisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berupa e – modul pembelajaran fluida dinamis dengan model Guided Inquiry. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berupa e – modul pembelajaran fluida dinamis dengan model Guided Inquiry. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan karakteristik dari e – modul pembelajaran fluida dinamis menggunakan model Guided Inquiry. Desain pengembangan yang digunakan yaitu 4D (Four-D) menggunakan tiga tahapan yaitu Define, Design, dan Develop. Adapun hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berupa e – modul pembelajaran fluida dinamis dengan model Guided Inquiry memperoleh presentase 89,34% dinyatakan sangat layak. Hasil validasi aspek kelayakan isi mendapat kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 90,62%, aspek kelayakan bahasa mendapat kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 85,42%, aspek kelayakan penyajian mendapat kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 85,71%, dan aspek kelayakan kegrafisan mendapat kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 95% .Dari hasil penelitian yang dikembangkan tersebut memiliki kategori “sangat layak” untuk digunakan atau diimplementasikan dalam pembelajaran fisika.